Popular Posts

Followers

There was an error in this gadget
Powered by Blogger.
Thursday, 9 December 2010

Kehidupan Masyarakat Madani

Masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Masyarakat bisa disebut juga sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas tertentu secara teratur.
Pengertian masyarakat perkotaan yaitu sekelompok orang yang mendiami suatu daerah atau lingkungan komunitas tertentu dengan tingkatan dalam struktur pemerintahan.
Pengertian masyarakat pedesaan yaitu sekelompok individu yang mempunyai sistem kehidupan bermasyarakat dan kebudayaan asli seperti tolong menolong, keguyuban, persaudaraan, gotong royong, kepribadian dalam berpakaian, adat istiadat , kesenian kehidupan moral susila dan lain-lain.
Ciri-ciri masyarakat perkotaan:
1. Orang kota pada umumnya mempunyai sifat yang tidak mau bergantung pada orang lain (individualisme).
2. Mereka cenderung cuek atau tidak peduli dengan lingkungan sekitar.
3. Kemungkinan-kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaannya juga lebih banyak di daerah perkotaan.
4. Kehidupan keagamaan di kota juga berkurang.
5. Orang kota lebih mementingkan urusan waktu, karena bagi mereka waktu adalah uang.
Ciri-ciri masyarakat pedesaan:
1. Orang pedesaan memiliki jiwa sosial yang tinggi.
2. Kebanyakan dari mereka masih mementingkan tradisi.
3. Orang pedesaan masih mementingkan kekeluargaan dan kebersamaan dibanding dengan mementingkan dirinya sendiri.
4. Kehidupan di pedesaan masih alami (natural).
5. Kurangnya lapangan pekerjaan.
Hubungan antara masyarakat perkotaan dan pedesaan:
Sebenarnya antara masyarakat perkotaan dan masyakakat pedesaan ini bukanlah dua komunitas yang saling berbeda melaikan sebuah komunitas yang saling berkaitan atau ketergantungan satu sama lainnya. Dalam hal ini salah satu bentuk hubungan antara masyrakat perkotaan dan masyarakat pedesaan adalah Urbanisasi. Urbanisasi adalah suatu proses berpindahnya penduduk dari desa ke kota karena suatu fakor tertentu. Kebanyakan masyarakat desa berpindah ke kota karena faktor ekonomi mereka yang di bawah rata-rata. Mereka sangat berantusias pindah ke kota karena dijanjikan suatu perkerjaan yang menurut merka dapat mengubah hidup mereka.
Kesimpulan dan saran:
Dari topik di atas saya menarik kesimpulan bahwa sesungguhnya manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lainnya. Di dunia ini mereka tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Maka dari itu hendaknya kita antara sesama manusia harus saling menolong satu sama lainnya untuk menciptakan sebuah kehidupan yang selaras, serasi, dan seimbang.
Oleh karena itu kehidupan bermasyarakat harus lebih diutamakan dalam hal kebersamaan agar tidak terjadi kesenjangan sosial antara masyrakatnya. Pembangunan sumber daya manusianya juga harus ditekankan mengenai penyediaan lapangan pekerjaan. Terutama di desa yang masih minim penyediaan lapangan pekerjaan yang menimbulkan adanya urbanisasi. Hendaknya antara daerah perkotaan dan daerah pedesaan harus terjadi keseimbangan agar tidak menimbulkan kecumburuan sosial.

0 comments:

Search

Loading...

About Me

My Photo
anis juniarti
BEKASI, JAWA BARAT, Indonesia
da yang bilang saya ini pendiam,tapi da juga orang yang bilang kalau saya ini bawel. ya,,,terserah merreka z lah. tapi..kalau yang belum tahu diri saya sepenuhnya,,kelihatannya si pendiam. tapi,,saya mudah bergaul co. ''It's me''
View my complete profile