Popular Posts

Followers

Powered by Blogger.
Thursday 6 January 2011

Ilmu Pengetahuan Teknologi Merupakan Ujung Tombak Dalam Kehidupan Bermasyarakat

 Pengertian Ilmu Pengetahuan
Kita sering menjumpai istilah mengenai ilmu pengetahuan. Kata ilmu pengetahuan tersebut terdiri dari dua kata yaitu ilmu dan pengetahuan. Banyak para ilmuwan yang mengistilahkan ilmu itu selalu tersusun dari pengetahuan secara teratur, yang diperoleh dengan pangkal tumpuan (objek) tertentu dengan sistematis, metodis, rasional/logis, empiris, umum dan akumulatif yang mengandung segala aspek objek yang berada di dalamnya. Ilmu memberikan kepastian dengan membatasi lingkup pandangannya, dan kepastian ilmu-ilmu diperoleh dari keterbatasannya. Secara umum ilmu yaitu sekumpulan pengetahuan yang tersusun secara sistematis. Sedangkan pengetahuan dapat diartikan sebagai munculnya sebuah pemikiran seseorang mengenai sebuah objek atau lebih yang ditekankan pada akal, pikiran, pengamatan ataupun sebuah pengalaman mengenai suatu objek baru yang dapat ditemui di sekitar kita.
 Pengertian Teknologi
Pekembangan teknologi dari setiap tahunnya mengalami sebuah peningkatan. Adapun istilah dari kata teknologi muncul dari sebuah ilmu pengetahuan yang erat kaitannya dengan kecerdasan yang dimiliki oleh setiap manusia. Bukti kecerdasan dari manusia tersebut yang menimbulkan sebuah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Teknologi dibuat atas dasar ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Dari pandangan semacam itu, kemudian teknologi berkembang lebih jauh dari yang dipahami sebagai susunan pengetahuan untuk mencapai tujuan praktis atau sebagai sesuatu yang dibuat atau diimplementasikan serta metode untuk membuat atau mengimplementasikannya.
 Pengertian Kemiskinan
Definisi dari kemiskinan yaitu sebuah keadaan dimana terjadi kekurangan baik materi maupun imaterial. Kemiskinan erat hubungannya dengan sebuah kondisi ekonomi antara individunya. Dalam hal global kemiskinan sering diistilahkan sebagai suatu keadaan dimana kekurangan hal-hal yang biasa dipunyai seperti, makanan, pakaian, tempat berlindung dan air minum. Hal-hal ini berkaitan dengan kualitas hidup.
 Penyebab Timbulnya Kemiskinan:
1. Melonjaknya harga bahan pokok yang tak wajar
2. Banyaknya pengangguran
3. Kurangnya lapangan pekerjaan
4. Banyak terjadinya bencana alam
5. Banyaknya koruptor yang merajalela
6. Tidak seimbangnya antara pengeluaran dan pemasukan
7. Program KB yang tidak berjalan lancar
8. Pendidikan yang rendah
 Cara Mengatasi Kemiskinan:
1. Diturunkannya harga bahan pokok sesuai dengan tingkat kebutuhan
2. Membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya
3. Memberikan bantuan kepada korban bencana alam
4. Dilakukan penindakan hukum secara tegas kepada para koruptor
5. Meminimalis atau menyeimbangkan antara pengeluaran dan pemasukan
6. Ditekankannya program KB kepada anggota masyarakat
7. Diadakannya biaya pendidikan yang gratis

 Saran
Dari beberapa penjelasan di atas mengenai ilmu pengetahuan, teknologi dan kemiskinan ini erat hubungannya dengan kegiatan sehari-hari. Ilmu pengetahuan ini erat kaitannya dengan teknologi. Teknologi berkembang dari sebuah ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang tinggi menyebabkan kualitas teknologi yang tinggi pula. Kemiskinan pula tak luput dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Banyak masyarakat miskin yang menjadi imbas dari segala aspek ilmu pengetahuan dan teknologi. Perubahan teknologi yang secara cepat ini juga dapat menimbulkan kemiskinan. Sehingga pemerintah harus cepat tanggap pula terhadap rakyat miskin di bumi pertiwi ini.

0 comments:

About Me

My Photo
anis juniarti
BEKASI, JAWA BARAT, Indonesia
da yang bilang saya ini pendiam,tapi da juga orang yang bilang kalau saya ini bawel. ya,,,terserah merreka z lah. tapi..kalau yang belum tahu diri saya sepenuhnya,,kelihatannya si pendiam. tapi,,saya mudah bergaul co. ''It's me''
View my complete profile