Popular Posts

Followers

Powered by Blogger.
Tuesday 7 June 2011

Penderitaan Itu Ujian

Manusia adalah makhluk sosial dimana saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Disebut makhluk sosial karena manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Kita harus tolong menolong antara sesama manusia tanpa harus membeda-bedakan satu dengan lainnya. Derajat manusia merupakan derajat umat yang paling tinggi dibandingan makhluk cipataan Tuhan lainnya. Karena manusia memiliki nilai lebih dibandingkan makhluk lain. Maka dari itulah manusia dijadikan Kholifah di muka bumi ini.
Kita hidup di muka bumi ini saling membutuhkan dan saling tolong-menolong antara sesama makhluk hidup. Karena kita memiliki akal dan rasa jadi rasa saling ketergantungan pun erat kaitannya dengan hidup. Di luar sana banyak orang yang kurang beruntung dibanding kita. Jadi, kita tidak boleh memandang sebelah mata, karena hal tersebut sangat menyakitkan. Penderitaan hidup inilah menimbulkan rasa iba, dan peduli untuk membantu sesama, tanpa harus membeda-bedakan satu dengan lainnya.
Penderitaan hidup inilah, bisa dilihat dari kehidupan sehari-hari mereka yang selalu kekurangan. Penderitaan menurut saya adalah suatu keadaan dimana kita kekurangan, yang menimbulkan rasa ketidakpuasan terhadap sesuatu yang kita peroleh. Sebenarnya kita tidak boleh mengeluh terhadap apa yang telah kita peroleh. Tetapi di dunia ini banyak setan-setan yang selalu menghasut kita. Sehingga terkadang kita lupa akan segala nikmat yang telah diberikan-Nya.
Sebagai manusia yang memiliki banyak kekurangan serta dosa, kita juga harus bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya, baik itu sehat ataupun sakit. Karena sesungguhnya semua nikmat itu adalah cobaan. Apabila kita lolos dari cobaan tersebut, maka kita bisa menikamati hidup dan memberi warna yang indah dalam hidup tersebut. Tetapi segala sesuatu dapat terjadi di muka bumi ini. Terkadang apa yang selalu kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataan. Jadi, syukuri apa yang telah diberikan-Nya, karena apa yang telah diberikan-Nya sesungguhnya adalah yang terbaik untuk kita dan sesuai dengan kemampuan kita.

0 comments:

About Me

My Photo
anis juniarti
BEKASI, JAWA BARAT, Indonesia
da yang bilang saya ini pendiam,tapi da juga orang yang bilang kalau saya ini bawel. ya,,,terserah merreka z lah. tapi..kalau yang belum tahu diri saya sepenuhnya,,kelihatannya si pendiam. tapi,,saya mudah bergaul co. ''It's me''
View my complete profile